Monday, March 16, 2015

ARTIKEL BISNIS KEWIRAUSAHAAN



Nama : Joko Prianto
Nim    : 12.1.03.02.0219
Mata Kuliah : Kewirausahaan 

PELUANG USAHA MINUMAN TEH BERJALAN

Pada artikel ini saya akan menerangkan tentang usaha minuman teh berjalan. Perkembangan bisnis khususnya minuman sepertinya sangat jelas kadar keuntungan dan kerugiannya. Berbisnis minuman ini boleh dibilang salah satu jenis usaha yang tidak akan pernah “mati” karena akan selalu dicari oleh banyak orang untuk memenuhi kebutuhan tubuh mereka, karena minum adalah kebutuhan pokok manusia yang paling utama karena semua manusia pasti butuh minum untuk memberikan nutrisi dan energi pada tubuhnya.
Sebagai sebuah kebutuhan yang tinggi dan harus terpenuhi, maka minuman teh tidak akan pernah ada habisnya. Dan perlu diketahui bahwa orang Indonesia sangat beermaniak dengan minuman teh manis apalagi jika dihidangkan dengan dingin. Maka dari itu peluang usaha minuman teh bukanlah usaha musiman.

MENGAPA MEMILIH MINUMAN TEH
1. Teh disukai semua kalangan masyarakat
2. Harganya yang terjangkau
3. Produknya unik, karena memiliki khasiat ganda yaitu sehat dan menyegarkan
4. No management fee
5. No Royalty fee
6. Varian rasa yang variable dan inovatif
7. Dapat dijual dimana saja, mall, depan sekolah, kantin, pusat perbelanjaan, alun-alun, pasar malam, depan kampus, terminal, depan mini market dll.

PERINCIAN MODAL
Pengeluaran 1 Hari
1.Teh 2 kotak Rp. 5.000 x 2Rp. 10.000
2. Varian rasa teh Rp. 20.000
3. Gula 3 kg Rp. 10.000 x 3 Rp. 30.000
4. Gelas Plastik Rp. 30.000
5. 1 galon air isi ulang Rp. 5.000
6. Sedotan Rp. 3.000
7. Gas Rp. 3.500
Total dalam 1 hari Rp. 101.500

ASUMSI PENDAPATAN HARIAN
Asumsi dalam 1 hari hanya bisa menjual 50 gelas
Penghasilan 1 HariRp. 5.000 x 50 Rp. 250.000
Pendapatan bersih 1 hari Rp. 250.000 – Rp. 101.500 = Rp. 148.500
Ternyata, dengan hanya memiliki modal yang kecil atau minim Anda sudah bisa memiliki usaha bisnis minuman teh berjalan seperti ini. Jika Anda lebih teliti dan rajin mencari peluang, maka Anda bisa mencari market yang sedikit berbeda dari yang lainnya, misalnya sekolahan, kantin kantor dan lainnya dimana pada saat jam tertentu Anda sudah memiliki pelanggan yang tetap.
PERALATAN YANG DIPERLUKAN
Thermos Es
Saringan Teh
Teko Rebus
Teko Listrik
Teko Plastik
Kompor, tabung gas dan regulator
Serokan es batu
Bahan baku perdana (teh, serbuk khusus aneka rasa sebanyak 4 rasa)
Gelas sebanyak 200 gelas
Sedotan sebanyak 200 buah

TEMPAT PEMASARAN DAN CARA MEMASARKAN
Kalau kita sering ke pusat perbelanjaan seperti ITC Cempaka Mas, Mangga Dua, PGC (Pusat Grosir Cililitan) atau pusat perbelanjaan grosir lainnya pasti Anda sering melihat orang berkeliling menjajakan minuman teh dingin/ hangat. 
Anda bisa membuat daftar-daftar lokasi mana saja yang bisa Anda gunakan untuk berjualan minuman teh. Dengan cara berkeliling mengitari pusat perbelanjaan dan menawarkan minuman teh dingin dan hangatnya, tanpa harus konsumen datang ke tempat pembelian minuman, tetapi kita yang akan mendatangi konsumen.Jika Anda sudah memiliki modal yang cukup besar, maka Anda bisa melakukan perputaran modal dengan langsung membuka tempat sekaligus dari keuntungan yang didapat.

0 comments

Post a Comment