Wednesday, March 20, 2013

Cara memperbaiki komputer mati

Pada beberapa masalah komputer yang ada. Mungkin yang paling sering terjadi adalah keadaan komputer mati total, dimana pada kondisi ini komputer sama sekali tidak menunjukkan adanya aktivitas dan tidak dapat menyala.
Tips Memperbaiki Komputer Mati Total
Pada beberapa masalah komputer yang ada. Mungkin yang paling sering terjadi adalah keadaan komputer mati total, dimana pada kondisi ini komputer sama sekali tidak menunjukkan adanya aktivitas atau tidak dapat menyala.
Jangan berburu-buru untuk membawa komputer Anda ke tempat service karena belum tentu komputer Anda rusak parah melainkan hanya ada sedikit permasalahan dalam komputer Anda.
Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kenapa komputer Anda tidak dapat hidup / mati total. Berikut ini langkah untuk melakukan troubleshooting dan mengenali apa penyebabnya :
1. Pertama-tama pastikan bahwa semua sumber listrik sudah terhubung ke komputer Anda. Pastikan semua tombol power depan atau belakang sudah hidup, dan arus listrik dari PLN sudah terubung melalui kabel, stop kontak.
2. Pastikan untuk menset tegangan pada power supply dalam kisaran 220 Volt, sebab untuk beberapa model power supply ada saklar pemindah dari 100 Volt ke 220 Volt.
3. Ganti kabel power, atau anda juga bisa mencoba kabel power dari komputer lain, untuk memastikan bahwa kabel power komputer Anda masih bisa berfungsi dengan baik.
4. Uji coba sumber listrik dengan memakai perangkat lain guna memastikan power listrik PLN tidak trip / off. Tes perangkat dengan memasukkan stop kontak serta perhatikan di bagian belakang PC / power supply unit. Jika ada lampu indikator hijau atau blower kipas berputar dengan begitu berarti listrik PLN telah masuk ke PSU komputer. Pada kasus tertentu bila tercium bau hangus segera cabut dan ganti PSU unit.
5. Bila indikator power PSU dibelakang serta blower berputar dengan baik, maka lanjutkan dengan memencet tombol power yang terdapat di depan PC dan jiika sama sekali tidak merespon maka kemungkinan Motherboard memang memiliki kerusakan dan perlu diganti, tetapi sebelum mencabut mother board dari casing dapat dicoba terlebih dulu dengan mengganti battery CMOS yang berfungsi untuk supply IC BIOS (startup).
Nah, ituah beberapa tips yang bisa anda coba bila komputer Anda mati total
semoga bermanfaat !!

0 comments

Post a Comment