Sunday, February 3, 2013

RIM merubah Nama menjadi BlackBerry

Dengan percaya diri, RIM akhirnya merilis platform terbaru mereka yaitu BlackBerry 10 dengan menghadirkan 2 smartphone baru yaitu BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10. Dalam acara launching tersebut, RIM juga memberikan informasi bahwa mereka tidak lagi menggunakan brand RIM, namun menggantinya dengan BlackBerry.
Dengan menghadirkan 2 produk terbaru mereka di awal rilisnya, RIM yang kini menjadi BlackBerry optimis bisa bersaing dengan paltform smartphone lain, khususnya mempertahankan posisi 3 besar dibawah android dan ios.
Kedua produk yang diperkenalkan BlackBerry tersebut menggunakan platform yang sama yaitu BlackBerry 10. Sedangkan dari sisi desain, BlackBerry Z10 hadir dengan full touch screen, dan BlackBerry Q10 masih dengan ciri khas tombol qwerty.
BlackBerry Z10 menggunakan layar seluas 4.2 inch seperti yang diperkirakan sebelumnya. Prosesor yang digunakan yaitu prosesor dual core 1.5 GHz Krait dengan GPU Adreno 225. Memori internalnya cukup besar yaitu 16 GB dengan tambahan slot microSD.
Di sisi kamera, BlackBerry Z10 punya resolusi kamera sebesar 8 mega piksel. Sedangkan untuk kamera depannya menggunakan kamera dengan resolusi maksimal 2 mega piksel.
Berbeda dengan BlackBerry Z10, BlackBerry Q10 yang mengusung desain qwerty mempunyai lebar layar hanya sebesar 3.1 inch. Desainnya terlihat cantik dengan penempatan qwerty keyboard yang dipasang mengimbangi lebar layar maksimal.
Prosesor yang digunakan BlackBerry Q10 juga termasuk bagus yaitu dual core 1.5 GHz Cortex-A9 dengan GPU Power SGX 544. Sedangkan RAM nya sebesar 2 GB.
Kamera yang dipasang di BlackBerry Q10 sama dengan yang ada di BlackBerry Z10 yaitu 8 mega piksel. Sedangkan kamera di bagian depan juga memakai kamera berukuran 2 mega piksel.
Kedua produk terbaru dari BlackBerry tersebut rencananya akan mulai dipasarkan pada februari mendatang. Namun belum dijelaskan secara spesifik kapan BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10 akan masuk ke Indonesia.

0 comments

Post a Comment