Blog Archive

adsensecamp

Thursday, September 6, 2012

Google Luncurkan Fitur Baru Graphic Knowledge


Google memperkenalkan fitur baru bernama Graphic Knowledge atau Grafik Pengetahuan pada hasil pencarian.

Layanan ini memuat ringkasan topik yang berkaitan dengan kata kunci pencarian Anda. Ringkasan topik itu diambil dari 500 juta item -tentang orang, tempat, dan lainnya, yang tersedia di dalam database Google.

“Kami berusaha membawa informasi yang bisa membantu Anda memecahkan tugas secepat mungkin,” kata Jack Menzel, Product Management Director of Search Google, seperti dikutip Cnet, Kamis, 17 Mei 2012.
Ketika Anda memasukkan kata kunci Frank Lloyd Wright misalnya, pada sebelah kanan layar hasil pencarian akan terpampang ringkasan tentang sosok Wringht yang merupakan seorang arsitek.

Di situ juga ada kumpulan biografinya, dan link ke gambar bangunan yang pernah dirancangnya. Apabila Anda meng-klik Fallingwater, akan ada kotak baru yang berisi semua informasi tentang bangunan itu.
Namun jika Anda memasukkan kata kunci yang terlalu umum, mesin pencari beserta fitur Graphic Knowledge ini akan kesulitan memahami apa yang Anda cari. Jadi, usahakan untuk memasukkan kata pencarian yang lebih detil.

Dengan adanya fitur Graphic Knowledge pada halaman hasil pencarian, maka Anda tak perlu repot membuka link tertentu atau masuk ke database Grafik Pengetahuan.
Menzel mengatakan Google sudah membangun database Graphic Knowledge sejak 2010. Pada saat itu, perusahaan mesin pencari ini mengakuisisi Metaweb -pembuat layanan pengetahuan umum Freebase.
Selain itu, lanjut dia, Google juga memadukan data dari Freebase tadi dengan projek laboratorium Google Squared. Fungsinya, untuk mengekstraksi dari data tak terstruktur menjadi data terstruktur yang bisa tampil di halaman web.
Sayangnya, sementara ini layanan Graphic Knowledge baru tampil pada Google Search dalam bahasa Inggris.

0 comments

Post a Comment